Cara Buka dan Pasang Rantai Keteng Motor dengan Benar dan Cepat

Cara Buka dan Pasang Rantai Keteng Motor dengan Benar dan Cepat – Hampir setiap motor yang mempunyai mesin dengan torsi 4 tak tentunya memiliki sebuah rantai yang menghubungkan antara poros engkol ( kruck as ) yang berada di bak mesin dengan noken as pada kop silinder. Rantai tersebut sering dinamakan rantai keteng. Rantai keteng merupakan salah satu komponen mesin yang sangat penting kegunaanya. Oleh karena itu dalam pemasangannya pun mesti benar-benar pas dan begtiu pula pada saat melepasnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan bahas sedikit mengenai cara pemasangan rantai keteng pada sepeda motor. Untuk langkah pertama yaitu kita mesti perhatikann rantai keteng tersebut pada posisi top. Kemudian setel lah rantai keteng tadi dengan benar. Setelah rantai tersebut disetel kemudian perhatikan dan cek pada bagian klep setelannya benar atau tidak, jika setelannya kurang pas bisa juga anda lakukan penyetelan pada bagian klep. Pemasangan rantai keteng yang tidak benar akan menjadikan mesin ngaberebet ataupun tidak normal bahkan mesin juga susah dihidupkan. Selain itu juga bisa menyebabkan klep menjadi bengkok dan tentunya bila klep sudah bengkok mesti diganti dengan yang baru dan pastinya perlu mengeluarkan biaya lebih besar lagi. Maka dari itu pada pemasangan rantai keteng ini harus benar-benar pas pada posisi top.

Cara memasang rantai keteng motor dengan benar dan cepat

Advertisement

Nah setelah diatas kita bahas cara pemasangannya kali ini kita akan membahas cara melepas rantai keteng tersebut. Untuk langkah yang pertama yaitu sama dengan cara pemasangan posisi rantai sudah benar-benar pada posisi top jika belum pada posisi top maka mesti ditopkan dulu. Adapun cara untuk mengetahui rantai tersebut sudah pada posisi top atau belum anda bisa lakukan cara dibawah ini.

  1. Terlebih dahulu bukalah bagian penutup tanda top pada yang ada pada bak maghnit. Disitu terdapat huruf T dimana huruf T tersebut posisinya mesti sejajar dengan coakan pada bak maghnit.
  2. Selanjutnya yaitu bukalah penutup gigi yang biasa disebut gear timing yang ad pada kop silinder. Disitu ada tanda titik pada bagian gear dan titik tersebut mesti sejajr pula dengan coakan pada kop silinder.
  3. Langkah ketiga yaitu buka bagian tutup klep. Lihatlah pada bagian kedua roker arm biasanya pada posisi top kedua arm tersebut mesti netral dan tidak menekan klep.
  4. Jika memang masih belum yakin coba anda buka busi kemudian cek posisi piston dimana, apakah berada diatas TMA atau tidak? Dan pada posisi top , piston pun harus berada di TMA ( titik mati atas ).
  5. Setelah ykin bahwa posisi rantai keteng tersebut berada pada posisi top barulah bak magnit, gear starter serta komponen yang lain yang ada pada bak magnit di lepas.
  6. Kemudian lepas baut gear timing yang ada pada kop silinder dan kemudian lepas bagian yang menekan rantai ketengnya. Barulah anda dapat melepas rantai keteng tersebut.

Nah itulah bahasan untuk kali ini mengenai cara pemasangan dan juga pelepasan rantai keteng pada sepeda motor. semoga bahasan diatas bisa menjadi bahan acuan untuk melakukan tindakan memasang dan melepas rantai keteng.

Semoga bermanfaat . . . . terima kasih . . . .

Incoming search terms:

  • cara ganti rantai keteng mio
  • cara bongkar rante keteng mio
  • cara pasang rantai keteng ninja 250
  • cara memasang rantai keteng motor mio
  • cara mengganti rantai keteng satria fu 150
  • cara pasang rantai keteng
  • cara mengganti rantai keteng yamaha mio
  • cara mengganti rantai keteng mio
  • cara memasang rantai keteng jupiter mx
  • cara mengganti rantai keteng supra
loading...
Cara Buka dan Pasang Rantai Keteng Motor dengan Benar dan Cepat | dani haris | 4.5