Cara Korek Vespa 150cc Untuk Harian Yang Kencang dan Aman

Cara Korek Vespa 150cc Untuk Harian Yang Kencang dan Aman – Di Indonesia motor jenis Vespa memang tergolong antik dan klasik sehingga tidak begitu banyak orang yang memilikinya. Hal ini tentu berdampak pada ketersediaan bengkel Vespa yang bisa dikatakan jarang di tiap daerahnya. Oleh karenanya pemilik motor Vespa pasti sedikitnya mengetahui bagaimana cara servis dan merawat mainan kesayangannya tersebut sehingga tetap prima performanya. Perawatan Vespa dapat tertuju pada berbagai lini dan yang selalu menjadi pusat perhatian adalah performa akselerasinya. Vespa yang bisa berlari kencang tentu menjadi prioritas utama perawatan motor tersebut.

Bagi anda yang memang belum mengetahui tentang cara korek Vespa atau perawatan skuter klasik supaya kencang di jalanan dan tetap irit bahan bakar, berikut ini otomotiftren.com hadirkan ulasan mengenai Cara Korek Vespa 150cc 2Tax Untuk Servis Harian yang bisa anda simak selengkapnya berikut ini. Strada, Excel, Exclusive, PX dan beberapa jenis lainnya adalah varian skuter klasik pabrikan Italia dengan usungan kapasitas mesin sebesar 150cc. Kapasitas mesin ini memiliki akselerasi yang cukup mantap bila dibandingkan dengan jenis motor sekelasnya dari pabrikan lain. Tetapi bekalan 150cc pada Piaggio Italia ini ternyata belum mencapai ekspektasi pengendaranya ketika melaju di jalanan.

Untuk mencapai sebuah kepuasan tertetu saat berpacu di jalanan dengan mengendarai Vespa, pemilik skuter klasik tersebut mensiasatinya dengan cara melakukan stroke up, bore up atau juga tune up pada mesin motor dengan dalih agar akselerasinya di jalanan lebih mantap. Namun ternyata fakta dari hasil korekan tersebut justru malah membuat skuter menjadi mudah rusak serta bahan bakar jadi lebih boros.

Supaya kesalahan koreksi mesin yang berdampak pada mesin cepat rusak atau boros bahan bakar dapat di minimalisir, ada beberapa tips yang bisa coba anda lakukan pada skuter kesayangan anda sehingga tetap dapat berlari kencang di jalanan namun mesin aman dan irit bensin.

IKLAN

Cara Korek Vespa 150cc 2Tax Untuk Kendaraan Harian

  1. Seher (Piston)

Lini penting pada Vespa untuk pemakaian harian agar tetap lincah di jalanan adalah bagian seher atau piston motor tersebut. Dianjurkan bagi anda sebagai pemiliki skuter klasik, Vespa yang menjadikan kendaraannya sebagai alat transprtasi harian  memakai piston standar. Adapun mereknya dapat berupa Danmotor, Ricambi ataupun Vesgio. Tidak dianjurkan sekali menggunakan piston RX King atau Ninja karena memang konsumsi penggunaan skuter ini bukan untuk ajang balapan atau adu kecepatan.

  1. Kop (Sylinder Head)

Agar kinerja skuter tetap prima, anda sebagai pemiliknya juga harus memperhatikan sektor Kop atau Sylinder Head-nya. Kompresi yang ditaikkan bagian ini dengan pemangkasan bagian sylinder head-nya sekitar 0.5mm akan berdampak pada hentakan vespa yang cenderung responsif sehingga lajunya dijalanan akan tetap aman terkendali.

  1. Boring Lubang 3

Jika anda pengguna skuter dari kelas Vespa Starda, Sprint, PX Exclusive atau Excel, sebaiknya tidak mengganti bagian boring skuter terkecuali skuer anda masih dipasangi dengan boring lubang 2 seperti yang terdapat pada skuter kelas Vespa Vbb dan Super. Anda hanya perlu memperbesar lubang 3 pada boring-nya saja dengan ukuran masing-masingnya sebesar 0.5-1mm. Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa pembesaran lubang boring ini harus disesuaikan dengan ukuran sehernya. Pembesaran lubang boring secara bertahap juga lebih direkomendasikan sehingga menghasilkan performa mantap. Kehati-hatian tentunya sangat diperlukan pada tahap korek vespa di sektor ini.

  1. Knalpot (Lubang Exhaust)

Kinerja prima pada mesin juga dipengaruhi oleh bagian lubang pada knalpot. Lubang knalpot (Exhaust) ini haruslah selaras dengan boring 3 lubang pada skuter. Untuk itu, anda harus memastikan bagian lubang ini memiliki ukuran yang sama dengan boring 3 lubang pada skuter.

  1. Karburator

Bagian yang juga tak kalah penting dalam menghasilkan performa gahar pada Vespa adalah penggunaan karburator. Dianjurkan sekali skuter yang anda miliki dilengkapi dengan bagian karburator yang sama dengan Vespa Exclusive atau Excel.

  1. Mainjet (Spuyer Bensin) & Pilotjet (Spuyer Angin)

Mainjet dan Pilotjet haruslah diperbesar sesuai kriteria yang dibutuhkan. Gunakan saja mainjet berukuran 115 dan pilotjet 48 untuk setelah penggunaan harian di jalanan.

  1. Knalpot

Penggunaan knalpot original excel dengan kondisi yang belum dimodif (dibobok) akan lebih membuat performa vespa gesit dan tetap ramah lingkungan dengan tanpa asap keluar dari lubang knalpot. Namun demikian pemilihan knalpot ini tetap bersifat opsional. Dengan kata lain anda tetap dapat menggunakan versi orsinil atau juga versi racingnya.

  1. Timming

Bila tahapan korek vespa sudah diselesaikan,selanjutnya anda hidupkan mesin vespa dan tarik gasnya sedikit demi sediki hingga titik tarikan paling dalam sembari disetel bagian angin pada bagian belakang karburatornya.

Baca juga :

Cara Korek Harian Yamaha RX King Kenceng dan Aman

Cara Mudah Korek Mesin 2 Tak Kencang Aman Buat Harian

Cara Korek / Bore Up Motor Honda Tiger Harian Kenceng Aman

Mungkin hanya itu saja pembahasan dari otomotiftren.com ulas tentang cara korek motor vespa, terima kasih semoga bermanfaat.

IKLAN

Incoming search terms:

loading...
Cara Korek Vespa 150cc Untuk Harian Yang Kencang dan Aman | farid berkah | 4.5