Cara Memperbaiki CDI dan Pulsher Yang Lemah

Cara Memperbaiki CDI dan Pulsher Yang Lemah – Selamat siang untuk semua pecintadunia otomotif , Berbicara mengenai kendaraan motor tak ada henti-hentinya baik dari segi produk terbarunya begitupula dari segi spesifikasinya. Kali ini kita akan berbicara sedikit mengenai salah satu komponen yang terdapat di dalam sepeda motor. adapun omponen yang akan kita bahsa yaitu CDI dan juga pulser.

Seperti kita ketahui CDI maupun pulser merupakan komponen yang sangat penting sekali fungsinya untuk performa sebuah motor. Jika kedua komponen tersebut mengalami kendala kemungkinan performa motor pun akan mengalami penurunan. Maka dari itu sering-sering lah cek kedua komponen tersebut.

Biasanya jika CDI sudah lemah maka performa motor akan menurun, dikhawatirkan jika CDI tersebut terjadi kendala di tengah perjalanan. Namun jika Komponen CDI atau pulser tersebut lemah maka akan ada tanda-tandanya. Salah satu tandanya yaitu pada saat kita megendari sepeda motor dengan kecepatan yang tinggi tiba-tiba motor tersebut akan terasa berat.

Cara Memperbaiki CDI dan Pulsher Yang Lemah

Sedangkan jika pulser yang sudah melemah tandanya memang tidak jauh dengan melemahnya CDI dimana performa motor tersebut akan menurun dengan ditandai det-detan. Yang membedakan dari kendala pada kedua komponen tersebut yaitu jika pulser yang lemah maka putaran bawah dan atas mengalami det-detan. Jika motor anda mengalami kendala seperti itu maka segeralah periksakan motor anda ke bengkel atau dealer resmi.

Advertisement

Karena telah ditemukan kendala yg seperti dijelaskan diatas maka untuk menghindari motor anda mogok dijalan bisa anda lakukan pengecekan sendri dengan menggunakan sebuah alat yang dinamakan Avometer.

Tips Cara Memperbaiki Komponen CDI dan Fulser Yang Lemah

  1. Menyetel alat avometer pada sinus 200 volt
  2. Hubungkan kabel merah yang ada pada avometer ke kabel CDI yang mana kabel CDI tersebut yang menuju k arah koil
  3. Hubungkan kabel hitam avometer ke masa ataupun bagian bodi motor
  4. Nyalakan starter dengan starter kemudian lihat pada avometer ada arus atau tegangan yang keluar atau tidak
  5. Nah bila tegangan tatau arus tersebut tidak keluar maka CDI motor anda mengalami kerusakan itu juga jika arus listrik benar mengalir dari sepul dan pulser ke bagian CDI. Untuk mengetahui arus mengalir atau itdak ke CDI maka bisa anda hubungkan kabel yang berwarna merah pada avometer ke sepul yang mengarah ke CDI.
  6. Bila tidak ada alat avometer maka bisa anda lakukan dengan menghubungkan kabel CDI yang menuju koil ke bagian bodi besi motor. dan nyalakan motor dengan menggunkan starter coba anda perhatikan ada atau tidaknya percikan api. Jika ada berarti CDI masih berfungsi dengan baik dan jika tidak ada percikan api berarti CDI mengalami kerusakan.
  7. Berbeda dengan jika kendala dirasakan mesin seperti tersendat pada ptaran atas maka kendala tersebut berasal dari koil dimana koil tersebut masih mengeluarkan arus dengan tegangan tinggi namun tidak kuat untuk mengmbangi frekuensi yang tinggi yang mengakibatkan api akan terputus-putus.

Demikanlah bahasan kali ini tentang Ciri dan memperbaiki CDI dan pulser yang lemah. Semoga bahasan diatas bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Terima kasih . . . ..

Incoming search terms:

  • mengatasi cdi lemah
  • cara memperbaiki cdi motor yang mati
  • cara memperbaiki cdi mobil
  • cara memperbaiki CDI
  • cara memperbaiki cdi lemah
  • cara memperbaiki cdi motor
  • cara memperbaiki cdi yang lemah
  • cara perbaiki cdi motor mati
  • cara mengatasi cdi lemah
  • cara mengatasi cdi motor mati
loading...
Cara Memperbaiki CDI dan Pulsher Yang Lemah | dani haris | 4.5