Cara Mudah Mengganti Cairan Coolant Radiator Yamaha NMAX

Cara Mudah Mengganti Cairan Coolant Radiator Yamaha NMAX – Radiator memiliki fungsi sebagai penyerap panas dari mesin lewat cairan coolant yang menuju pada waterjacket di kepala silinder. Tentu ini menjadi salah stau komponen yang sangat vital dalam kendaraan, maka dari itu penggunanya juga harus di lakukan pengecekan secara berkala. Karena seiring lamanya penggunaan dan usia motor anda semakin tua maka penggunaan radiator juga bisa saja bermasalah, dan salah satunya adalah air coolant berkurang atau air coolant sudah kotor, maka dari itu perlu di lakukan penggantian air coolant pada motor anda, termasuk pada motor yamaha Nmax. Nah untuk proses penggantian cairan coolant Nmax, silahkan anda simak di bawah ini.

Cara Mengganti Cairan Radiator atau Coolant Yamaha Nmax :

  1. Langkah pertama copot terlebih dahulu baut cover yang ada pada Yamaha NMAX dengan memakai kunci T8. Bila sudah, silahkan anda buka penutup radiator atas dan copot baut exhaust ataupun pembuangan air radiator yang ada pada bagian bawah radiator dngan menggunakan obeng plus (+), putarlah counter-clockwise.
  2. Selanjutnya tuang air radiator lama pada wadah, silahkan anda periksa apakah air radiator sudah terbuang semua atau belum. Akan tetapi untuk coolant pada tabung resevoir tidak akan ikut terbuang sebab ditempatkan ditempat yang berbeda, dikarena untuk Yamaha NMAX tabung reservoir nya diletakan pada bagian lebih bawah dari radiator.
  3. Untuk dapat membuang air coolant pada tabung reservoir, silahkan anda buka selang yang ada dibawah tabung tersebut.
  4. Dengan caranya silahkan anda buka cover board rest atau lebih dikenal pijakan kaki, yang terdapat 4 clipper yang dapat dibuka dengan menggunakan obeng plus (+). Silahkan anda tusuk bagian tengah pada clipper serta tarik hingga terlepas. Selanjutnya, anda dapat melihat tabung reservoir serta dapat mencabut selang pada bagian bawah dengan membuka penjepit yang ada dengan menggunakan tang.
  5. Setelah itu lepaskan karet untuk alas pijakan kaki dan cover penutup serta karet penutup tabung reservoir dengan ditarik ke atas sampai terlepas semua.
  6. Jika air radiator maupun coolant yang ada pada tabung reservoir serta radiator sudah terbuang semua, silahkan anda pasang kembali baut penutup pada lubang pembuangan radiator serta silahkan anda pasangkan kembali selang di tabung reservoir. Pada tahap ini silahkan anda isi cairan coolant baru hingga mau terisi penuh, ingat jangan sampai tumpah serta kebanyakan.
  7. Berikutnya silah kan anda pasang kembali karet penutup, cover tabung reservoir serta karet pijakn kaki bawah seperti sedia kala. Selanjutnya nyalakan mesin beberapa saat sambil radiator anda biarkan terbuka lalu anda lihat batas ketinggian cairan radiator pada bibir radiator nya. Bila tak berkurang atau malah meluap, silahkan anda matikan mesin kemudian tutup kembali radiator nya hingga terkunci. ( jikalau anda kesulitan pada saat akan mengisi uang air radiator lewat lubang radiator, anda dapat buka terlebih dahulu baut cover yang ada disamping pijakan kaki dengan menggunakan kunci L).
  8. Bila telah selesai anda dapat memasang kembali komponen yang sudah anda lepas ke tempatnya masing – masing.

Baca juga : Cara Membedakan Oli Pertamina Asli dan Palsu

Itulah informasi terbaru kami mengenai Cara Mengganti Cairan Coolant Radiator Pada Yamaha NMAX. Semoga informasi diatas bisa membantu anda untuk mengganti cairan coolant radiator.

IKLAN
IKLAN

Incoming search terms:

loading...
Cara Mudah Mengganti Cairan Coolant Radiator Yamaha NMAX | dedi berkah | 4.5