Cara Sederhana Membuat Chargeran Aki Motor Mudah

Cara Sederhana Membuat Chargeran Aki Motor Mudah – Aki merupakan komponen yang pentig pada setiap kendaraan supaya fitur-fitur yang terdapat dalam kendaraan tersebut dapat berfungsi dengan maksimal. Aki juga sering disebut battery dimana batery itu jika sering digunakan akan ada masa habis battery layaknya kita menggunakan handphone. Jika sebuah battery sudah habis tentunya untuk mengirit dana dengan membeli battery baru mendingan uangnya untuk kebutuhan lainnya. untuk memulihkan kembali isi aki kita bisa gunakan cara dengan menchargernya.

Pada bahasan kali ini yaitu kita akan membahas aki kering. Bagaimna kah jika aki kering motor kita sudah habis masa arusnya? Jika seperti paragraf diatas kita harus menchargernya terus bagaimana cara membuat chargerannya?? Nah itu dia pokok bahasan kali ini yaitu cara membuat sebuah chargeran untuk aki seperda motor dengan cara sederhana.

Cara Sederhana Membuat Chargeran Aki Motor Mudah

Sebelum kita membuatnya tentu kita mesti persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Untuk bahan-bahannya yaitu sebagai berikut :

Advertisement
  1. Kabel dengan secukupnya
  2. Kiprok 6 amper , namun jika ada kiprok dengan amper lebih besar itu lebih bagus untuk digunakan
  3. Trafo
  4. Alat penjepit untuk ke baterai aki kering

Apabila bahan-bahan yang disebutkan diatas sudah lengkap maka langkah selnajutnya yaitu kita tinggal merakitnya

Untuk trafo yang digunakan jika ada gunakanlah trafo donat dimana trafo ini bentuknya bulat seperti donat, oleh karena itu trafo ini disebut dengan nama trafo donat. Trafo donat ini dapat menghasilkan arus lebih murni daripada trafo yang biasa, maka dari itu jika ada trafo donat lebih baik gunakan trafo donat tersebut.

Sebelum lanjut ke cara pembuatannya chager aki akan sedikit saya jelaskan mengenai arus trafo donat dimana trafo donat ini memiliki output sebesar 23v dan juga sebesar 4.5v tidak memiliki yang outputnya sebesar 12volt. Maka dari itu output yang diinginkan hanya sekitar12 volt , jika ita menggunakan yang 23v tentunya terlalu besar dan akan mengakibatkan aki tersebut bisa rusak sedangkan jika menggunkan yang 4.5 volt itu pasti akan memakan waktu yang lama untuk proses pengisian bterai tersebut.

Nah untuk membuat trafo tersebut menjadi output dengan 12 volt maka diperlukan modifikasi tersendiri. Untuk memodifikasinya itu cukup dengan melilitkan kabel yang lain pada trafo tersebut hingga menghasikan tegangan 12v. Adapun kabel yang digunakannya itu yaitu dengan kabel yang biasa digunakan pada instalasi listrik dirumah atau sering dinamakan kabel YM dengan diamter 1,5. Sedangkan untuk panjangnya kebel yang digunakan yaitu sekitar 7 meter. Untuk lebih jelasnya cara perakitan tersebut bisa anda buka link http://youtu.be/KOnilCKMbe4.

Demikian untuk bahsan kali ini, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih . . . . .

Incoming search terms:

  • cara memperbesar arus aki motor
  • memperbesar pengisian aki motor
  • cara menambah pengisian aki motor
  • cara memperbesar pengisian aki motor
  • cara memperbesar arus aki tapi tida mrmperboros aki
  • cara memperbesar arus aki listrik
  • cara memperbesar arus accu pada motor
  • cara membuat aki
  • cara memasang trapu pada motor vario 125
  • memperkuat arus aki motor
loading...
Cara Sederhana Membuat Chargeran Aki Motor Mudah | dani haris | 4.5