Inilah Komponen Motor yang Harus di Periksa Saat Musim Hujan

Komponen Motor yang Harus di Periksa Saat Musim Hujan – Sebagai teman saat berpegian, motor yang kita miliki juga harus di perhatikan, pengecekan secara berkala adalah salah satu alternatif buat kita yang ingin menjaga performa motor kita agar lebih stabil, namun kenyataanya buka cuma itu saja, karena kitapun harus memeriksa komponen dalam motor kita secara berkala disaat-saat tertentu atau pada musim hujan misalnya. Sebagai negeri yang beriklim tropis, Indonesia juga termasuk negera yang memiliki dua musim yakni musim kemarau dan musim hujan.

Akibat penggunaan kendaraan yang cukup panjang pada bulan kemarau, sebenarnya ada kemungkinan jika beberapa komponen motor telah tidak layak pakai serta memerlukan perbaikan. Oleh sebab itu, pemeriksaan komponen motor saat musim hujan sangat diperlukan, adapun beberapa komponen yang harus diperiksa seperti dibawah ini.

5 Komponen Motor yang di Periksa ketika Musim Hujan

1. Pemeriksaan dust seal dan oil seal

IKLAN

Seal dalam kendaraan sangat berperan penting supaya debu dan juga air tidak dapat masuk ke dalam part dan kemudian menimbulkan kerusakan. Bila dust seal yang ada di roda sudah tidak layak pakai, kemudian air aan dapat masuk ke area bearing maupun bantalan roda sehingga akan terjadi korosi yang menjadikan bearing berputar tidak normal.

2. Pemeriksaan Ban

Periksa juga dibagian ban motor anda, jika ban motor tersebut sudah tidak layak pakai atau tipis sebaiknya anda ganti dengan ban motor yang baru. JIka ban motor tipis tidak diganti maka akan susah dikendalikan dan bisa saja menyebabkan pengendara jatuh.

3. Pemeriksaan Tutup Busi atau Cap Supressor

Cap supressor ini penting dalam mencegah terjadinya motor mogok ketika melewati genangan air pada musim hujan. Jika karet di tutup busi sudah kerasa, silahkan anda ganti dengan yang baru agar sistem pengapiannya bisa berfungsi dengan baik.

4.  Pemeriksaan Rem

Rem juga menjadi hal penting saat berkendaramerupakan hal penting dalam berkendara, maka dari itu penggunanyapun harus selalu di cek secara berkala. Karena jika rem bermasalah maka akan menyulitkan anda sebagai pengendara untuk menghentikan laju kendaraan.

5.  Pemeriksaan Lampu

Sebagai sumber cahaya indikator dan juga penunjuk arah, tentu kita juga harus memeriksa penggunaan lampu, karena jika lampu tersebut tidak berfungsi maka dapat membahayakan pengendara, terutama saat malam hari dan hujan.

Baca juga : Cara Mudah Membongkar dan Memasang Kopling Mobil

Sekian informasi dari kami mengenai 5 Komponen Motor yang Harus di Periksa Saat Musim Hujan. Semoga bermanfaat.

IKLAN
loading...
Inilah Komponen Motor yang Harus di Periksa Saat Musim Hujan | dedi berkah | 4.5