Memahami Cara Kerja Rem Untuk Menghindari Kecelakaan

Memahami Cara Kerja Rem Untuk Menghindari Kecelakaan  – Tiap-tiap kendaraan tentu memiliki sisi keamanan tersendiri, entah itu sepeda motor maupun mobil pastinya memiliki rem sebagai sistem security dan item safety. Seperti yang akan kami bahas pada pertemuan kali ini mengenai ban terkunci saat pengereman yang menjadi penyebab utama kecelakaan. Rem merupakan salah satu komponen yang tidak dapat dipisahkan dari kendaraan. Rem merupakan komponen yang sangat penting guna menghentikan laju kendaraan, maka dari itu penggunaan rem juga harus diperhatikan secara spesifikasi dan harus dicek secara berkala agar jika rem tersebut tidak layak pakai anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Melihat data-data angka kecelakaan beberapa bulan kebelakang, penyebab utama dari kecelakaan kendaraan ialah kerusakaan pada bagian Rem. Permasalahaan pada kendaraan saat berada dijalan memang amat sangat beragam, istilah dari locking atau juga kondisi ketika ban berhenti berputar saat direm dapat membahayakan pengendara itu sendiri. Locking adalah sebuah alasan pengendara yang kehilangan keseimbangan dengan begitu akan sangat berpotensi menimbulkan adanya kecelakaan.

cara-kerja-rem

Penyebab terjadinya hal tersebut memang ada banyak, sebagai contoh kebiasaan untuk mengerem mendadak, jika anda salah teknik pengereman, maka kondisi permukaan akan licin serta kualitas ban akan menurun. Jangan abaikan permasalahan pada rem depan, ketika berkendara disaat hujan, saat anda melakukan pengereman cendrung akan menggunakan rem belakang, karena hampir seluruh pengendara kendaraan akan lebih sering memakai rem belakang, terlebih saat kita memakai rem belakang tanpa disupport oleh rem depan hal ini yang menjadi penyebab terjadinya ban terkunci.

Terdapat dua hal yang menyebabkan terjadinya ban belakang kendaraan terkunci.

IKLAN
  • Pertama para pengemudi cuma menggunakan rem bagian belakang tanpa menggunakan rem depan ketika ingin melakukan pengereman, dengan begitu ban belakang akan kehilangan traksi. Hal ini diakibatkan sebab hanya ban belakang yang memang mengalami pengurangan kecepatan sedangkan ban depan tersebut tidak diberi tenaga guna dapat mengurangi kecepatan.
  • Hal Kedua, alur ban memang sudah haus, karena seiring lamanya waktu pemakaian akan membuat permukaan alur ban habis. Habisnya alur ban maupun kembang ban bisa membahayakan diri sendiri sebab saat jalan tersebut basah ban tidak bisa membuang air dengan optimal.

Baca juga : Cara Mudah Membongkar dan Memasang Kopling Mobil

Demikian informasi yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Penyebab Utama Kecelakaan Ban Terkunci. Semoga bermafaat dan bisa menambah pengetahuan anda tentang sistem pengereman dan safety riding. Terima kasih.

IKLAN
loading...
Memahami Cara Kerja Rem Untuk Menghindari Kecelakaan | dedi berkah | 4.5