Tips dan Cara Bubut Noken As Sepeda Motor Yang Benar

Tips dan Cara Bubut Noken As Sepeda Motor Yang Benar – Noken as merupakan salah satu komponen dalam sebuah mesin motor yang sangat berfungsi untuk tenaga yang dihasilkan oleh sebuah motor. Noken as sendiri memepunyai durasi waktu yang bekerja dengan pas dimana noken as ini durasinya telah mempunyai ketentuan dan juga dapat henti bekerja pada waktu yang tepat. Oleh karena itu jika kita ingin membuat setelan noken as jangan terlalu ekstrim jika motor nya masih standar. Terkecuali memang motor tersebut akan dipakai pada ajang balap ataupun dipakai oleh motor cross.

Selain itu juga ada hal yang paling penting dan juga mesti diperhtikan ketika kita akan membuat atu merubah noken as. Salah satnya yaitu kita harus memperhatikan ketika melakukan pemasangan camsaft dan juga dialing dimana keduanya harus berfungsi degan baik sehingga dapat membuka dan juga menutup sesuai dengan stelan yang kita inginkan. Kemudian juga harus memperhatikan pada bagian setelan klep, derajat overlapping dan sebagainya.

Memang lumayan rumit untuk menentukan itu semua. Namun itulah dasar yang harus kita ketahui dan juga kita perhatikan supaya tidak asal membuat dan merubah noken as apalagi jika motor yang kita setel ini akan dipakai di ajang balap.

Tips dan Cara Bubut Noken As Sepeda Motor Yang Benar

Advertisement

Yang paling dasar dan juga pertama kita ketahui yaitu tentang durasi camfast. Nah bagaimankah cara untuk menghitung durasi yang terdapat pada noken as tersebut? biasanya untuk dapat mengukur camfast ini ketika bukaan klep pas pada angka 0.050 inchi atau juga sama dengan 1,27 mm. Adapun untuk menghitung durasi noken as itu sendiri dibawah ini kita akan bahas bersama. Nah untuk memudahkan cara menghitungnya akan diambil contoh dari salah satu motor yamaha yaitu yamaha Vega r dimana intake akan membuka 27 derajat sebelum titik mati atas dan akan menutup di 53 derajat sesudah titik mati bawah. Sedangkan untuk cara menghitu durasi LC dan LSA yaitu :

Exhouse manifold memiliki durasi dengan penjumlahan 55 + 150 + 29 = 264 drajat

Intake manifold memiliki durasi dengan penjumlahan 27 + 180 + 53 = 260 derajat

Megnhitung lobe centre exhaouse manifold = 264/2 – 29 = 103 derajat

Megnhitung centre intake = 260/2 – 27 = 103 derajat

LSA = 103 derajat

Itulah cara menghitung durasi LC dan LSA dimana jika kita sudah mengetahui angka derajat tersebut kita dapat mengetahui karakter camfast dari LSA dan kita juga dapat menentukan ketepatan lift dari posisi LC. Jika semua sudah diketahui maka kita akan mengetahui kerja noken as pada rpm berapa.

Mungkin itu saja bahasan “Trik Dasar Bubut Noken AS Yang Benar” untuk kali ini. Semoga bisa bermanfaat. Terima kasih

Incoming search terms:

  • bagian noken as yg harus di bubut
  • cara papas noken as sendiri
  • cara papas noken as yang benar
  • Cara bubut noken as
  • bagian noken as yg di papas
  • Cara papas noken as
  • Noken as
  • bubut noken as
  • cara papas noken
  • cara membuat noken
loading...
Tips dan Cara Bubut Noken As Sepeda Motor Yang Benar | dani haris | 4.5