Tips Memilih Oli yang Benar Untuk Motor Yang Susah di Hidupkan Pagi Hari

Pilihan Oli yang Benar Untuk Motor Susah di Hidupkan -Seiring perkembangan dunia teknology saat ini memang snagat berpengaruh pada dunia otomotif, tak hayal jika brbagai mesin kendaraan kia sudah dibesut dengan tknology canggih dan moder, penggunaan mesin saat ini semakin modern, mesin kendaraan dirancang lebih bertenaga meskipun ukurannya ringkas. Salah satu dari konsekuensinya, pada bagian internal mesin tersebut menyempit dan memerlukan adanya pelumasan yang juga seimbang dengan modernisasi mesin. Setidaknya terdapat dua kode international yang mesti kita ketahui sebagai pemilik mobil terkait penggunaan oli mesin, yaitu angka kekentalan yang juga ditandai SAE (Sociaty of Automotive Engineers) serta kegunaan sesuai API (American Petrolium Institute).

Jika berbicara menurut Boediarto sendiri sebagai, Head of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Technical Service Department PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, kian canggihnya mesin mobil tentu akan memerlukan penggunaan oli dengan angka kekentalan SAE 0. Maka dari itu semakin rendah angka SAE maknanya oli semakin encer yang membuat gerakan komponen internal mesin jadi lebih leluasa. Disamping itu, semakin rendah tingkat SAE berarti kemungkinan besar untuk mengeras dalam suhu dingin akan semakin kecil. Maknanya, oli jenis ini sangat memudahkan pengemudi saat menyalakan mesin di pagi hari.

tips-memilih-oli-yang-benar-untuk-motor-yang-susah-di-hidupkan-pagi-hari

SAE merupakan badan internasional yang indeks pada kekentalannya digunakan internasional. Buat oli mesin kendaraan yang umumnya, penggunaan angka indeks kekentalan itu biasa diikuti penggunaan huruf W (winter/musim dingin) yang maknanya penggunaan sampai – 20 °C. Sebagai contoh, SAE 5 W, SAE 10 W, maupun SAE 20 W. Oli tidak cuma harus sigap ketika dinyalakan pada saat suhu dingin, namun juga wajib maksimal saat mesin sedang bekerja. Untuk itu, oli yang umumnya digunakan yakni multigrade, maknanya kekentalan sangat menyesuaikan di rentang temperatur tertentu. Penggunaan tanda rentan temperatur ini diikuti angka indeks yakni sesudah huruf W, contohnya SAE 5 W-20,  SAE 10 W–40, maupun SAE 20 W–40.

Baca juga : Cara Setting Ulang Oli Samping Ninja R 150 Mudah

IKLAN

Tujuan supaya lebih enteng serta efisien penggunaan bahan bakar. Malahan benefitnya banyak jika kekentalan tersebut lebih rendah, untuk mencapai celah-celah yang memang sempit. Untuk itu saat ini memanaskan mesin pada pagi hari tentu tidak perlu lama. Sekian informasi yang dapat kami bagikan kali ini mengenai Tips Memilih Oli yang Benar Untuk Motor Yang Susah di Hidupkan Pagi Hari. Penggunaan oli memang sangatlah penting, namun semakin tingginya modernisasi mesin kendaraan, penggunaan olinyapun harus diseimbangkan. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat.

IKLAN
loading...
Tips Memilih Oli yang Benar Untuk Motor Yang Susah di Hidupkan Pagi Hari | dedi berkah | 4.5