Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak

Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak – Starter merupakan bagian dari komponen perangkat sepeda motor yang memiliki peran cukup penting. Umumnya terdapa dua jenis kendaraan motor versi pabrikan yaitu motor dengan dilengkapi tombol starter pada bagian pegangan motor dan kick starter pada bagian pijakan motor dan atau hanya terdapat kick starter saja di bagian pijakan motor.

Keberadaan starter menjadi bagian penting dalam komponen perangkat sepeda motor berdasarkan pada fungsinya yang digunakan sebagia penghidup dan pemicu mesin motor sehingga dapat menyala dan bisa dijalankan. Baik dengan menekan tombol starter atau juga dengan menyelak kick starter. Kemudian bila terjadi masalah pada bagian starter yang mengakibatkan mesin tidak bisa menyala, maka tidak ada solusi lain keculai harus mendorong motor tersebut dan ini dapat membuat pengendara motor menjadi kerepotan karena harus memperbaiki bagian starternya ke bengkerl. Terlebih bila sedang dikejar-kejar waktu, kejadian seperti ini tentu akan sangat menghambat kepentingan pengendara motor.

Agar permasalahan starter pada motor tidak bisa dioperasikan, diperlukan beberapa analisa supaya titik permasalahannya dapat diketahui sehingga dapat disimpulkan solusi apa saja yang harus segera dilakukan. Termasuk indikasi terjadinya kerusakan pada starter, semacam gejala yang berujung pada tidak berfungsinya starter juga harus diketahui agar tidak lagi terjadi kerusakan pada starter motor ketika sedang dalam perjalanan.

Baca juga :

IKLAN

Faktor awal yang banyak pengendara motor hiraukan ketika terjadi gejala kerusakan pada starter motor adalah munculnya bunyi kasar ketika tombol starter difungsikan atau lebih fatal tak ada respon sama sekali ketika tombol starter ditekan.

4 Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak

Ketika tombol starter ditekan dan yang terjadi adalah tidak meresponnya pemicu tersebut sehingga mesin tidak menyala, maka penyebabnya adalah terjadinya kerusakan pada kompones starter seperti rangkaian komponen starter, relay starter, baterai dan tombol starter. Untuk dapat mengatasi masalah kerusakan pada starter motor ini, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan dalam melakukan pemeriksaan dan perbaikan pada starter motor.

  1. Check Up Bagian Baterai atau Aki

Baterai/Aki adalah bagian penting dalam kelangsungan kinerja starter motor. Bagian ini merupakan suplai power sehingga starter dapat dijalankan dan bekerja secara optimal sebagai pemicu nyalanya mesin motor. Bila kedapati starter motor yang ditekan setelah kontak dinyalakan tidak merespon, maka bisa jadi bagian dinamo starter mengalami masalah. Oleh karenanya segera periksa bagian baterai/aki pada motor.

Pemeriksaan pada bagian baterai/aki dapat dilakukan dengan mengandalkan alat bernama avo meter atau multimeter. Alat ini berfungsi untuk mengetahui seberapa besar tegangan baterai yang disuplai. Bila hasil tes power bateri menunjukan angka 12 volt ke atas maka kondisi baterai bisa dikatakan aman. Namun bila angkat hasil tesnya di bawah 12 volt maka bisa diasumsikan baterai mengalami masalah berupa kondisi baterai rusak atau sistem pengisiannya yang sudah pada tingkat low.

  1. Check Up Bagian Rangkaian Starter

Setelah melakukan pemeriksaan pada bagian baterai/aki dan ternyata kondisinya masih fit, kemungkinan kerusakan pada starter motor adalah diakibatkan oleh kerusakan pada bagian rangkaian starter. Segara lakukan pengecekkan pada rangkaian starer dari mulai komponen kabel yang terhubung dengan starter, socket maupun tombol starter itu sendiri. Gunakan alat multimeter untuk memeriksa ada atau tidaknya arus listrik yang dialirkan oleh starter. Bila terdapat kabel konektor yang putus, anda bisa menyambunkannya kembali atau lebih baik diganti saja dengan kabel baru. Dan bila bagian tombol starter kotor dan berkarat, anda bisa mencoba membersihkannya dengan cara digosok menggunakan ampelas halus.

  1. Check Up Bagian Relay Starter

Bila masih tidak ditemukan masalah dari kedua tahap di atas, lekas beralih ke bagian telay starter dan lakukan pemeriksaan. Bagian relay ini adalah saklar elektromagnetik sebagai konektor arus listrik dari power yang terkumpul dalam baterai/aki motor yang dipicu dengan cara menekan tombol starter. Untuk dapat melakukan pengecekan pada bagian ini, sambungkan dua kabel pada baterai plus (+) dan minus (-). Ketika kabel tersebut dihubungkan dan terdengan bunyi cetak maka kondisinya masih layak pakai. Namun bila tidak terdengan bunyi cetak maka bisa disimpulkan bahwa kondisinya sudah tidak sehat lagi dan kemungkinanya harus segera diganti.

  1. Check Up Bagian Dinamo

Pengecekkan yang terakhir adalah dengan memeriksa bagian dinamo dari komponen starter motor. Langkah pemeriksaan bagian ini adalah dengan memanfaatkan alat multimeter melalui cara probe (+) disambungkan pada kabel yang terhubung dengan motor starter dan probe (-) melalui massa. Setelah itu, coba nyalakan tombol starter sambil amati multimeternya apakah ada tanda arus listrik yang mengalir atau tidak. Starter motor dapat disimpulkan mati apabila terdapat arus listrik saat pengetesan tadi. Dugaan kerusakannya bisa diakibatkan oleh bagian brus yang telah aus atau karena kumparan yang terputus. Ganti brush lama dengan dengan brush baru atau alihkan ke tukang servis dinamo apabila kumparannya (spull) terputus. Terima kasih dan semoga bermanfaat

IKLAN

Incoming search terms:

loading...
Cara Memperbaiki Starter Motor Rusak | farid berkah | 4.5